Pencegahan Terjadinya Surge Pressure Pada Saat Akhir Pemuatan LNG Di Kapal Tangguh Jaya

  • I Kadek Laju Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Dwi Prasetyo Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Rauf Budi Hermawan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Abstract

LNG adalah hasil dari gas alam yang dicairkan, yang merupakan sekumpulan gas hidrokarbon, dengan metana sebagai gas dengan rasio paling besar (umumnya di atas 90%) ditambah dengan nitrogen dan zat lainnya dalam konsentrasi kecil. Dengan kritikal muatan tersebut, maka sistem pengangkutan kapal ini memiliki perlindungan berlapis dan sangat canggih. Namun dari kecanggihan instrument tersebut, ada kalanya mengalami kesalahan pembacaan khususnya pada saat proses pemuatan sedang berlangsung. Penulisan ini membahas tentang apa penyebab terjadinya terjadinya surge pressure dan bagaimana cara penanggulangannya. Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi lapangan dengan cara melakukan survey secara langsung, studi kepustakaan dengan mengumpulkan literatur serta penyebaran angket kepada responden yang berhubungan langsung dengan kapal LNG. Kesimpulan dari penulisan ini yaitu (1) bagaimana cara yang dilakukan agar sistem proteksi pada tangki saat memuat tetap berfungsi namun tidak terjadi kesalahan pembacaan dan tetap ada kontrol dari operator yaitu dengan memperbolehkan penggunaan override hanya pada tangki terakhir. (2) mencegah timbulnya ESD dan surge pressure dengan cara melakukan pengawasan serta pelarangan kapal lain melintas di dekat pelabuhan muat dikarenakan akan timbul gelombang yang menyebabkan kesalahan pembacaan pada instrumen serta melakukan penutupan katup muat secara manual (override) untuk mencegah terjadinya lonjakan tekanan pada saat akhir pemuatan.

Author Biographies

I Kadek Laju , Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Program Studi Nautika

Dwi Prasetyo, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Program Studi Nautika

Rauf Budi Hermawan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Program Studi Nautika

Published
2019-06-01
Section
Articles