Pengaruh Kinerja Pelayanan Jasa Keagenan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Pelayaran PT. PCP

  • Supriyanto STIMART “AMNI” Semarang
  • Mariana Kristiyanti STIMART “AMNI” Semarang

Abstract

Pengelolaan terhadap sumber daya manusia merupakan hal yang penting dalam pencapaian tujuan. Umumnya pimpinan perusahaan mengharapkan kinerja yang baik dari masing-masing karyawan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sebuah perusahaan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Banyak faktor yang menyebabkan kinerja karyawan kurang maksimal, faktornya adalah semangat kerja dan motivasi karyawan. Pemecahan masalah yang berkaitan dengan hal tersebut adalah memberikan bonus tahunan bagi karyawan yang memiliki hasil kerja yang baik dan memberikan bonus tahunan bagi karyawan dengan tujuan karyawan akan termotivasi untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan maksimal. Pemecahan masalah selanjutnya yaitu manajer turun langsung ke lapangan untuk melihat hasil kerja bawahan atau karyawannya, maka karyawan akan termotivasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja pelayanan jasa keagenan terhadap kepuasan pelanggan di PT PCPdengan teknis analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel independent pada penelitian ini yaitu variabel kinerja pelayanan jasa keagenan, sedangkan variabel dependent yaitu variabel kepuasan pelanggan. Hasil regresi dengan menggunakan program SPSS 20 membuktikan bahwa variabel kinerja jasa keagaenan (X) mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dengan koefisien regresi sebesar 1.714 menunjukkan bahwa apabila Kinerja Jasa Keagenan meningkat sebesar 1 persen maka kepuasan pelanggan  akan meningkat sebesar 0,71 persen dengan asumsi variabel bebas yang lain konstan.

Published
2019-06-01
Section
Articles