Studi Tentang Motivasi Berprestasi Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

  • Puji Reknati Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi rendahnya motivasi berprestasi pada taruna STIP. Motivasi berprestasi yang dimaksud disini adalah kebutuhan dari seorang individu untuk menyelesaikan sesuatu yang sulit dengan baik dan mandiri, menghadapi rintangan dan mencapai standar yag tinggi, serta keberanian untuk bersaing

Pendekatan yang digunakan kombinasi kuantitatif dan kualitatif dengan subjek taruna STIP. Sampel diambil secara kebetulan yaitu taruna yang diajar peneliti pada semester genap 2020/2021,terdiri dari dua kelas semester delapan, satu kelas semester tujuh dan dua kelas semester empat dari tiga prodi yang ada di STIP. Pengumpulan data dilakukan dengan memberian pertanyaan terbuka pada responden kemudian analisis data dilakukan dengan pengelompokan responden pada faktor -faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi, baik faktor intrinsik yaitu kemungkinan untuk  sukses, perasaan takut gagal, self  efficacy , value  dan pengalaman. Maupun faktor ekstrinsik yang terdiri dari lingkungan sekolah, keluarga dan teman. Disamping itu untuk kelengkapan data juga dilakukan wawancara terhadap beberapa taruna, dan dosen, mempelajari dokumen yang relevan dan observasi terhadap perilaku  subjek.

Gambaran dari respon responden kemudian digunakan untuk pengajuan saran strategi peningkatan motivasi berprestasi taruna.

Author Biography

Puji Reknati, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Port and Shipping Department

Published
2021-07-23
Section
Articles