Pengaruh Pelayanan Jasa Keagenan Terhadap Jumlah Kunjungan Kapal Di PT Barakomindo Shipping Dumai Riau

  • Titis Ari Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Panderaja Sijabat Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Roma Dormawaty Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

PT Barakomindo Shipping Dumai merupakan perusahaan jasa keagenan kapal yang mengageni kapal asing maupun kapal yang ada didalam negeri. Berdasarkan data  permasalahan yang ada membahas tentang keterlambatan pelayanan jasa clearance in dan out dan menurunnya jumlah kapal yang menggunakan jasa keagenan PT Barakomindo Shipping Dumai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh keterlambatan pelayanan jasa clearance in dan out dan menurunnya jumlah kunjungan kapal yang menggunakan jasa keagenan. Dalam penelitian ini hasil data diperoleh pengaruh pelayanan jasa clearance dan jumlah kapal yang menggunakan jasa keagenan kapal. Perusahaan harus memperhatikan bagaimana karyawan melaksanakan pelayanan jasa clearance dan jasa keagenan kapal, dan perusahaan harus memperhatikan hal-hal yang dapat mendorong karyawan agar mendapatkan motivasi kerja.

Author Biographies

Titis Ari Wibowo, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Port and Shipping Management

Panderaja Sijabat, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Port and Shipping Management

Roma Dormawaty, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Port and Shipping Management

Published
2021-12-16
Section
Articles