Pengaruh Standarisasi Row Input Diklat Swasta Terhadap Daya Saing Tenaga Kerja Pelaut Indonesia Di Dunia Internasional

  • Zainal Abidin Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Sugiyanto Sugiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Arif Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Penelitian merupakan proses pemecahan masalah dengan menggunakan suatu pendekatan metode ilmiah dalam merumuskan ataupun menyelesaikan permasalahan yang ada dengan sistematis, namun pada dasarnya penelitian ini adalah cara untuk menemukan teori ataupun menambah perbendaharaan ilmu pengetahuan yang baru atau minmal memperkuat yang sudah ada.

Dalam kegiatan Penelitian untuk menemukan pelaut handal dan professional dapat pula dimaknai sebagai cara pengamatan atau inquiry dan bertujuan dalam mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan pemecahan masalah, baik itu discovery maupun invention. Discovery diartikan hasil temuan yang memang sebetulnya sudah ada, sebagai contoh misalnya penemuan benua Australia dan sekitar kepulauan pasifik selatan adalah penemuan yang cocok untuk dimaknai sebagai discovery.

Sedangkan invention dapat berupa sebagai penemuan hasil penelitian itu sendiri yang betul-betul baru dan hasil dari adanya dukungan fakta aktual dan emperis, Misalnya hasil dampak pandemi  dari virius yang ada dimana dapat di buktikan dari akibat di tandainya dari ada korban manusia yang mati secara tidak wajar dan massif dan bahkan dapat lebih mengenaskan jika dinyatakan berakhir punah, kemudian diteliti untuk menemukn jenis yang baru serta mendapatkan solusinya.

Penelitian adalah berupa suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenarannya dari suatu masalah atau suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah yang sudah ada dan masih dapat digunakan. Para pakar mengemukakan pendapatnya yang berbeda dalam merumuskan batasan penelitian atau penyelidikan terhadap suatu masalah, baik sebagai usaha observasi mencari kebenaran melalui pendekatan ilmiah dan hasil temuan pengalaman dari fakta lapangan.

Dari beberapa pendapat tersebut jelas kiranya bahwa setiap orang pada prisipnya akan memberikan pengertiannya tentang penelitian yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut biasanya tergantung dengan beberapa faktor seperti diantaranya, latar belakang pengetahuan seseorang serta pengalaman yang dimiliki seseorang.

Author Biographies

Zainal Abidin, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Sugiyanto Sugiyanto, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Arif Hidayat, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Published
2021-12-16
Section
Articles