Optimalisasi Kerja Kompresor Udara Utama Tekanan Tinggi Guna Kelancaran Pengoperasian Kapal MT.Seaborne Petro

  • Edy Kurniawan Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Melinasari Nurhasanah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Johannes Siahaan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kompresor diatas kapal sering terdapat masalah. Kompresore ditemukan tidak bekerja secara optimal, karena kompresor udara yang tidak normal, ditemukan bahwa piston pada compressor udara utama sudah mengalami kebocoran, kerusakan pada gasket di bagian dinding pendingin kompresor, dan patahnya oil ring piston. Penelitian dilakukan bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis penyebab kompressor udara tidak optimal pada saat di isi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan dan teknik pengumpulan data secara sekunder. Agar Supply starting air mencukupi pengisian ke botol angin dapat dilakukan dengan cara melengkapi 3 kompresor udara utama yang tersedia di atas kapal. Sehinga selalu mempunyai 1 cadangan kompresor jika terjadi kerusakan pada salah satu kompresor. Kemudian Melakukan permintaan suku cadang sebelum terjadinya kerusakan pada permesinan adalah salah satu cara agar suku cadang selalu tersedia di atas kapal.

Author Biographies

Edy Kurniawan Siregar, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Technical Department

Melinasari Nurhasanah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Nautical Department

Johannes Siahaan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Technical Department

Published
2021-12-16
Section
Articles