Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Karyawan Terhadap Kinerja Pelayanan Penerbitan Sertifikat Kapal Di Kantor KSOP Khusus Batam

  • April Gunawan Malau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Agus Leonard Togatorop Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Fardhani Sabpatari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Dalam mendukung kinerja pelayanan penerbitan sertifikat kapal di Kantor KSOP Khusus Batam, masih terjadi beberapa masalah pada perusahaan terkait dengan kompetensi dan motivasi karyawan.Masalah tersebut yaitu kurangnya kompetensi tiap karyawan dalam menyelesaikan dan melakukan pekerjaannya, minimnyya motivasi yang terdapat dalam pribadi tiap karyawan dan terjadinya penurunan kualitas kerja.Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan analisis untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi dan motivasi karyawan terhadap kinerja pelayanan penerbitan sertifikat kapal di Kantor KSOP Khusus Batam.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke 30 responden yaitu pada seluruh karyawan KSOP Khusus Batam dengan jumlah pernyataan sebanyak 26 butir. Dalam mencari hasil perhitungan penulis menggunakan program SPSS 25 dan melakukan beberapa analisis data, yaitu: uji validitas dan realibilitas, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t hitung dan f hitung dan analisis regresi dengan variable intervening. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh dari jawaban responden yang ada.

 

Berdasarkan perolehan data kuesioner dan pengolahan data. Diperolah hasil yang menunjukkan bahwa kompetensi dan motivasi secara bersama-sama terbukti positif dan signifikan terhadap kinerja pelayanan penerbitan sertifikat kapal dengan nilai F hitung > F tabel atau 46,521 > 2,36. Penulis memaparkan beberapa solusi untuk meningkatkan kinerja pelayanan penerbitan sertifikat kapal, yaitu: meningkatkan kompetensi karyawan, meningkatkan motivasi karyawan dan memaksimalkan kinerja perusahaan.

Author Biographies

April Gunawan Malau, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Agus Leonard Togatorop, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Fardhani Sabpatari, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Published
2021-12-16
Section
Articles