Upaya Peningkatan Penanganan Terjadinya Pencemaran Laut Pada Saat Bongkar Muat Minyak Di Kapal MT SC ALIA XVII

  • Raihan Kamal Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Agus Widodo Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Pande I.S. Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Angkutan laut di dunia ini berkembang sangat pesat. Kapal sebagai sarana angkutan laut yang dibangun lebih cenderung kearah spesialisasi jenis muatan yang diangkutnya, seperti kapal tanker. Kapal tanker SC ALIA XVII adalah kapal khusus pengangkut minyak Crude dan bahan – bahan kimia, milik perusahaan pelayaran PT . VEKTOR MARITIM. Pencemaran laut yang banyak terjadi bersumber dari kapal  tanker, yang berlangsung pada proses diantaranya saat proses bongkar muat, penyucian tanki, buang ballast, pembuangan air got atau dari sisa slop tank. Tujuan mengkaji lebih dalam dan mengemukakan upaya peningkatan dan penanganan terjadinya pencemaran laut pada saat bongkar muat minyak di kapal SC ALIA XVII.

Metode jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara langsung dan tidak langsung, dan dokumentasi sesuai dengan objek yang ada dilapangan.

Hasil penelitian ini mendeskripsikan masalah yang ada di kapal tanker SC ALIA XVII dinataranya penyebab terjadinya pencemaran laut dari muatan minyak kapal dan awak kapal yang kurang terampil.

Kesimpulan pencemaran muatan minyak dari muatan kapal di kapal tanker SC ALIA XVII di akibatkan karena crew kapal yang kurang disiplin dalam bekerja serta lalai dalam melaksanakan setiap bongkar muat juga terdapat kebingungan dan kepanikan dalam mengendalikan tumpahan minyak.

Author Biographies

Raihan Kamal, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Nautika

Agus Widodo, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Nautika

Pande I.S. Siregar, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

Published
2022-08-22
Section
Articles