Analisis Terjadinya Ledakan Tangki Slop Port MT. Sri Asih Saat Pelaksanaan Hotwork Dalam Proses Drydock

  • Euis Dinda Salsabillah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Pande I.S. Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • M Hasan Habli Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Proses dry dock kapal bertujuan untuk memperbaiki dan melakukan perawatan kondisi kapal agar kapal dapat beroperasi dengan optimal. Banyak resiko yang dapat terjadinya suatu kecelakaaan atau keadaan darurat pada proses dry dock salah satu diantaranya ialah ledakan atau kebakaran yang dapat mengakibatkan kurang optimalnya proses dry dock. Ledakan dapat menghasilkan suatu kebakaran,begitu juga sebaliknya kebakaran dapat menghasilkan suatu ledakan. Perbedaan antara ledakan dan kebakaran berada pada rate of energy realease dimana ledakan melepaskan energinya secara tajam dan kebakaran melepaskan energynya secara perlahan. Tiga unsur utama dari kebakaran atau ledakan ialah panas, material dan oksigen. Dalam tulisan ini penulis akan mempelajari faktor-faktor utama penyebabnya suatu ledakan dan akan mencari upaya untuk mencegah agar ledakan tidak terjadi serta upaya dalam mengatasi suatu ledakan itu sendiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab terjadinya ledakan adalah adanya buruh atau pekerja galangan yang kurang peduli dengan keselamatan dan keamanan area dimana mereka bekerja, adanya sisa muatan yang tersisa di dalam tangki, serta kurangnya pengawasan selama bekerja di atas kapal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya ledakan ialah dengan cara pemberian pengawasan secara lebih kepada para perwira diatas kapal.

Author Biographies

Euis Dinda Salsabillah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

Pande I.S. Siregar, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

M Hasan Habli, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

Published
2022-08-22
Section
Articles