Apa yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas E-Learning? Studi Kasus pada Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
Abstract
Adanya COVID-19 di Indonesia membuat banyak institusi pendidikan beralih dari metode pembelajaran tatap muka luring ke daring melalui e-learning demi mengurangi risiko penularan, termasuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Peralihan yang tiba-tiba berpotensi membuat proses pembelajaran kurang efektif dan menurun kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas e-learning di STIP, dengan fokus pada pembelajaran program DIV. Penelitian ini menggunakan SEM untuk mengidentifikasi pengaruh 6 faktor terkait konten mata kuliah dan interaksi terhadap kualitas e-learning. Kualitas e-learning STIP yang telah dipersepsikan baik oleh taruna sangat dipengaruhi oleh baiknya struktur mata kuliah. Denga demikian, perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas e-learning melalui faktor-faktor lainnya.