Mekanisme Rotasi Awak Kapal (Crew) Terhadap Kesesuaian Kontrak Perjanjian Kerja Laut (Pkl) Guna Memperlancar Crewing Management Dikapal Milik PT Pelayaran Sumber Rejeki

  • Ghea Yulia Rahma Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Sugiyanto Sugiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Sukmanofith Sukmanofith Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Titis Ari Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Sulitnya recruitment untuk awak kapal pengganti pada akhirnya berakibat pada tidak tepatnya pelaksanaan pergantian awak kapal yang telah di buat dan mengakibatkan masa kontrak Kerja awak kapal tidak sesuai degan seperti yang telah ditetapkan dalam Perjanjian Kerja Laut (PKL), sehingga bnyak awak kapal yang terpaksa menambah masa kontrak kerja yang di karenakan terlambatnya penempatan awak kapal pengganti. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pergantian awak kapal sesuai dengan yang direncanakan sehingga tidak  menimbulkan keterlambatan pergantian Crew dikapal PT. Pelayaran Sumber Rejeki dan mencari penyebab dari masa kontrak PKL awak kapal tidak sesuai dengan yang seharusnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metoode kualitatif, dengan sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat ketidaksesuaian kontrak awak kaapal diatas kapal dengan perjanjian yang tertulis pada Perjanjian Kerja Laut (PKL) disebabkan oleh lambatnya pihak divisi pengawakan dalam mencaariawak kapal pengganti untuk awak kapal yang akan sign off sehingga terjadi ketidak sesuaian masa kontrak kerja awak kapal diatas kapal dengan perjanjian tertulis pada Perjanjian Kerja Laut (PKL)

Author Biographies

Ghea Yulia Rahma, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi KALK

Sugiyanto Sugiyanto, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi KALK

Sukmanofith Sukmanofith, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi KALK

Titis Ari Wibowo, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi KALK

Published
2022-08-22
Section
Articles