Upaya Mengoptimalkan Tank Cleaning Guna Memperlancar Proses Bongkar Muat di MT. ALFA BALTICA

  • Bayu Pratama Putra Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Agus Widodo Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Dalam mendukung proses bongkar muat agar tidak terjadinya keterlambatan bongkar muat pada MT. ALFA BALTICA, dimana permasalahannya adalah terhambatnya proses bongkar muat, hal ini diakibatkan oleh kurang optimalnya pelaksanaan tank cleaning yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan dari anak buah kapal dan juga kurangnya pegawasan dari mualim 1. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan pengamatan hal-hal apa saja yang menyebabkan terjadinya permasalahan tersebut.

Pada penulisan ini penulis menggunakan metode kualitatif Dimana pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi, pengambilan data secara visual atau kasat mata, dengan melihat secara langsung mulai dari proses memulai hingga mengakhiri proses persiapan ruang muat. Wawancara, wawancara ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas kepada pihak-pihak yang terlibat pada proses persiapan ruang muat. Dokumentasi, dokumentasi yang dilakukan penulis adalah dengan mengambil gambar-gambar pada proses persiapan ruang muat.

Berdasrkan data-data yang diambil dengan metode kualitatif tersebut maka penyelesaian dari masalah pokok yang dibahas adalah diadakannya latihan rutin tiap 3 bulan sekali dan juga dilakukannya pengawasan secara langsung oleh mualim 1.

Author Biographies

Bayu Pratama Putra, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Nautika

Agus Widodo, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Nautika

Published
2022-09-06
Section
Articles