Pengaruh Pelayanan Jasa Keagenan Dalam Bidang Komunikasi Terhadap Peningkatan Kepuasan Konsumen Di PT Adam Makmur Sejahtera Banten

Pengaruh Pelayanan Jasa Keagenan Dalam Bidang Komunikasi Terhadap Peningkatan Kepuasan Konsumen Di PT Adam Makmur Sejahtera Banten

  • Desamen Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Lutfhiyah Khoirunnisa Nafi'ah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Titis Ari Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Arif Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Roma Dormawaty Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

keagenan menurut R. P Suyono adalah ketika adanya sebuah hubungan antara dua pihak yaitu pihak agen dan pihak lain yaitu pemilik, mereka membuat suatu perjanjian yang disetujui bersama dengan adanya syarat yaitu pihak pemilik dapat tetap mengawasi agen sebagai pihak yang telah dipercaya dan diberikan kewenangan. Dikarenakan banyaknya perusahaan pelayaran di Banten, membuat persaingan semakin ketat dan  turunnya kepercayaan para konsumen untuk menggunakan jasa dibidang agen. Para konsumen dapat berkomunikasi terlebih dahulu kepada pihak perusahaan pelayaran terkait bagaimana pelayanan yang diinginkan para konsumen. Dalam hal ini pelayanan pada bidang sumber daya manusia cenderung kurang maksimal. Apabila pelayanan relatif kurang baik maka konsumen akan beralih ke perusahaan lain. Tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan pengaruh jasa keagenan dalam bidang komunikasi PT Adam Makmur Sejahtera terhadap konsumen jasa keagenan serta Untuk mencari pemecahan masalah tentang bagaimana upaya peningkatan jasa di bidang keagenan di PT Adam Makmur Sejahtera. Metode pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan Survey Deskriptif, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi sehingga dapat ditemukannya penyebab masalah menggunakan teknik analisis data Survey Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pelayanan jasa keagenan terhadap kepuasan konsumen diakibatkan kurangnya penilaian konsumen dibidang komunikasi kurang dan pengetahuan para karyawan yang masih kurang dan cara menanggulanginya dilakukan meningkatkan pelayanan sesuai dengan moto service excellent terhadap konsumen dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi karyawan karena kunci kepuasan pelanggan adanya pelayan merespon melalui etika komunikasi yang baik.

Author Biographies

Desamen Simatupang, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Lutfhiyah Khoirunnisa Nafi'ah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Titis Ari Wibowo, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Arif Hidayat, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Roma Dormawaty, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Published
2022-12-27
Section
Articles