Pengaruh Kinerja Pelayanan Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Aplikasi Simkapel) Di Subdirektorat Pencegahan Pencemaran Dan Manajemen Keselamatan Kapal

Pengaruh Kinerja Pelayanan Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Aplikasi Simkapel) Di Subdirektorat Pencegahan Pencemaran Dan Manajemen Keselamatan Kapal

  • Ali Muktar Sitompul Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Didik Sulistyo Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Dinda Dwiyanti Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Saat ini banyak pelayanan publik yang berkembang di dunia bisnis, khususnya pada perusahaan yang ingin mengajukan permohonan sertifikat kapal dan perusahaan melalui online untuk mempermudah berjalannya aktivitas bisnis perusahaan. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menciptakan aplikasi untuk Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yaitu Sistem Informasi Manajemen Perkapalan dan Kepelautan (SIMKAPEL) untuk mengintegrasikan layanan sertifikasi kapal, perusahaan dan pelaut secara online. Aplikasi ini dapat secara akurat dan tepat waktu menampilkan data dan informasi sertifikasi kapal dan pelaut yang dapat dicari oleh para pengguna jasa. Berdasarkan cara ini, aspek efektivitas dan transparansi layanan dapat dicapai dengan benar.

Author Biographies

Ali Muktar Sitompul, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi Teknika

Didik Sulistyo Kurniawan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi Teknika

Dinda Dwiyanti, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Published
2022-12-27
Section
Articles