Upaya Mengatasi Menurunnya Putaran Mesin Induk Guna Menunjang Kelancaran Operasi Pada Kapal MV. HIPPO
Upaya Mengatasi Menurunnya Putaran Mesin Induk Guna Menunjang Kelancaran Operasi Pada Kapal MV. HIPPO
Abstract
Sampai saat ini, mesin induk diesel masih mendominasi sebagai mesin penggerak utama kapal. Oleh karena itu kinerja pengoperasiannya sangatlah penting dalam menunjang kelancaran pengoperasian kapal itu sendiri. Daya yang dihasilkannya sangat bergantung besar pada kualitas pembakaran yang terjadi di dalam silinder. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : jumlah dan kualitas bahan bakar yang disuplai, kualitas dan kuantitas udara bilas yang masuk ke dalam silinder, kondisis ruang kompresi serta sistem-sistem pendukung lainnya.
Pada kapal MT.HIPPO terjadi gangguan dalam pengoperasian mesin induk terkait pada sistem pembilasan, dan ketidaksesuaian spesifikasi bunker data sheet. Hal ini sangat mempengaruhi terjadinya penurunan putaran mesin induk dan pada gilirannya mengakibatkan penurunan daya serta kecepatan kapal.
Permasalahan yang terjadi di kapal MT.HIPPO di antaranya yaitu terjadinya surging pada turbocharger, penyumbatan pada intercooler (pendingin udara bilas), tekanan udara bilas menurun, temperatur udara bilas lebih tinggi dari yang seharusnya, terjadinya kesalahan spesifikasi suplai bunker MFO dengan spesifikasi standar Engine maker serta pendinginan pada intercooler tidak maksimal. Kondisi ini sangat mempengaruhi operasional kapal, di mana rencana jadual keberangkatan maupun kedatangannya di pelabuhan menjadi terganggu. Maka hal inilah yang mendasari penulisan penelitian ini, bagaimana strategi untuk mengatasi gangguan pada kasus mesin induk kapal MT.HIPPO. Serta diharapkan dapat bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran bagi rekan-rekan Ahli Mesin Kapal, bila mengalami kasus serupa di tempat kerjanya