Evaluasi Pelayanan Pengunjung Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

  • Imam Sadjiono
  • Sukmanofith Djulis
  • Robinson
  • Suhartini Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Keywords: Pelayanan, Kepuasan Pengunjung, Museum Transportasi

Abstract

Industri pariwisata merupakan salah satu faktor penghasil devisa terbesar bagi Indonesia, selain itu juga dapat menyerap tenaga kerja karena industri pariwisata mencakup banyak bidang seperti akomodasi, transportasi, restoran, atraksi wisata, dan objek wisata. Berdasarkan data jumlah pengunjung Museum Transportasi
dalam 1 tahun terakhir, terlihat ada naik turunnya jumlah pengunjung. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk mencari penyebab terjadinya penurunan jumlah pengunjung Museum. Apabila kita melihat gambar grafik jumlah pengunjung setiap bulan pada tahun 2016, maka terlihat bahwa terjadi lonjakan pengunjung Museum pada bulan-bulan tertentu. Hal ini perlu diantisipasi dalam pemberian pelayanan terutama ketersediaan sarana dan prasarana Museum. Hasil pada penelitian ini dapat membantu pihak museum untuk mengevaluasi masalah tersebut dengan mencari data mengenai kepuasan pengunjung museum transportasi TMII serta memberikan rekomendasi perbaikan kinerja pelayanan bagi pekerja di museum tersebut.

Published
2018-06-01
Section
Articles