Strtegies For Maintaining Costumer Loyalty In Facing The Many Challenges Of Ship Agency Competition At PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Banten
STRATEGI MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGHADAPI BANYAKNYA TANTANGAN PERSAINGAN KEAGENAN KAPAL PADA PT. TRANSUTA LINTAS SAMUDERA CABANG BANTEN
Abstract
Transuta Lintas Samudera Cabang Banten merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa keagenan kapal. Berdasarkan permasalahan yang ada dilakukan penelitian tentang Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Dalam Menghadapi Banyaknya Tantangan Persaingan Keagenan Kapal Pada PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Banten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana strategi kinerja divisi marketing kegiatan promosi dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya serta bagaimana PT. Transuta Lintas Samudera Cabang Banten menghadapi tingginya persaingan bisnis keagenen kapal di wilayah Pelabuhan Merak-Banten. Jenis penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data – data yang ada di perusahaan. Dalam mencari hasil perhitungan menggunakan program SWOT Kuantitatif dan beberapa analisis data yaitu menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Grand Strategy Matrix, Matriks QSPM dan Hipotesis Asosiatif. Berdasarkan perolehan data dan pengelolah data, maka di perloleh hasil peringkat alternatif strategi dalam membenahi kinerja divisi marketing kegiatan promosi dan bagaimana menghadapi ancaman persaingan keagenan kapal di wilayah Pelabuhan Merak-Banten.