Analisis Perbandingan Pemanfaatan Aplikasi Media Pembelajaran Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Dosen Dan Taruna Pasca Pandemi Covid-19 Di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Dan Politeknik Transportasi Darat Bali

  • Titis Ari Wibowo
  • Jarot Delta Susanto Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Ferro Hidayah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Fahmi Umasangadji Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Abstrak

STIP Jakarta merupakan Lembaga Pendidikan dibawah Kementerian Perhubungan yang telah menggunakan Learning Management System (LMS) berupa aplikasi pembelajaran online yaitu Ed-link di masa pandemi Covid-19 dan masih digunakan sampai dengan saat ini, dengan tujuan meningkatkan akses pembelajaran bagi dosen dan taruna dalam proses kegiatan belajar mengajar di STIP Jakarta, selain itu guna mengikuti imbauan pemerintah dalam penerapan Social Distancing pada saat masa pandemi, akan tetapi masih banyak kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaannya. Pemanfaatan serupa juga dilaksanakan di Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali yang juga memiliki Learning Management System (LMS) yang serupa yaitu penggunaan aplikasi Smart Campus dalam menunjang media pembelajaran di masa pandemi covid 19 dan bahkan masih digunakan aplikasi sampai sekarang tersebut bagi dosen dan taruna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis perbandingan dari kedua Lembaga Pendidikan tersebut yaitu STIP dan Poltrada Bali tentang pengaruh dalam pemanfaatan aplikasi media pembelajaran Ed-link dan Smart Campus dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar bagi dosen dan taruna yang terlibat di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan membuat instrumen angket/kuesioner yang dibagikan kepada 131 responden dosen dan taruna STIP serta 140 responden dosen dan taruna Poltrada Bali. Pengolahan analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 27.0.1 dan interpretasi hasilnya digunakan sebagai bahan evaluasi dan masukan kepada institusi STIP.

Published
2023-11-21
Section
Articles