Evaluasi Pelayanan Penumpang di Pelabuhan Pontianak Provinsi Kalimantan Barat

  • Arief Hidayat
  • Theo J. Frans Kalangi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Agus Leonard Togatorop Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Perkembangan pembangunan bidang transportasi laut yang semakin pesat menuntut adanya sistem penunjang sarana dan prasarana transportasi laut yang memadai. Salah satu penunjang kelancaran transportasi laut adalah pelabuhan. Pelabuhan Pontianak merupakan pelabuhan dengan perubahan arus penumpang yang sangat pesat. Penelitian ini mengkaji tentang tingkat kepuasan dan rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan kinerja pelayanan di terminal penumpang pelabuhan Pontianak. Penelitian ini penting dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan terminal penumpang dalam kaitan dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 119 Tahun 2015 tentang perubahan atas Permenhub Nomor 37 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Laut. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata CSI untuk pelayanan keselamatan, keamanan dan ketertiban, kehandalan, kenyamanan, kemudahan, serta kesetaraan di pelabuhan sebesar 65,2% sehingga masih kurang memuaskan. Hal-hal yang perlu ditingkatkan diantaranya ketersediaan informasi untuk pengaduan gangguan keamanan, peralatan dan pendukung keamanan, pelayanan bagasi penumpang seperti ketersediaan trolley, porter berseragam dan alat timbangan, ketersediaan tempat parkir kendaraan, fasilitas bagi penyandang difable.

Author Biographies

Theo J. Frans Kalangi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Program Studi Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan

Agus Leonard Togatorop, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Program Studi Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan

Published
2019-08-20
Section
Articles