Analisis Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal Dan Pengakuan Disetarakan Dengan Kualifikasi KKNI Tertentu Di STIP Jakarta

  • Desamen Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Sugiyanto
  • Jaja Suparman Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Ferry Budi Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki wawasan pengetahuan yang luas, trampil, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian mantap, Mandiri, bertanggung jawab, bermasyarakat dan berbangsa, serta berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang  Dasar 1945.Kondisi geografis Indonesia yang terletak diantara dua benua dan dua samudra, serta warisan historis Bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim dengan jumlah penduduk yang besar yang terdiri dari 17.508 pulau, merupakan salah satu negara maritim terbesar. Indonesia adalah Negara Kepulauan (Archipelogic State) berdasarkan UNCLOS bahkan terbesar di dunia dengan 2/3 wilayah perairan. Transportasi, khususnya laut sangat dominan sebagai penunjang pembangunan ekonomi nasional dan memperkokoh Negara Kesatuan. Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dengan empat pilar adalah Penyelenggaraan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pelayaran dilaksanakan dengan tujuan tersedianya sumber daya manusia yang profesional, kompeten, disiplin, dan bertanggung jawab serta memenuhi standart nasional dan internasional.

Author Biographies

Desamen Simatupang, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Program Studi Teknika

Jaja Suparman, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Program Studi Nautika

Ferry Budi Cahyono, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Program Studi Teknika

Published
2019-08-21
Section
Articles