Analisis Kepuasan Pelaut Terhadap Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Online di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok

  • Desamen Simatupang
  • Purnama Nancy Lumban Batu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Hotmaria Evi Junita Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
Keywords: Buku Pelaut, Online, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan penerbitan buku pelaut online dan kepuasan pelaut terhadap pelayanan penerbitan buku pelaut online oleh divisi kepelautan di kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok serta bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan yang hasilnya akan sejalan dengan kepuasan pelaut. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan di Divisi Kepelautan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dengan metode survei Indeks Kepuasan Masyarakat kepada pelaut yang mengalami pelayanan penerbitan buku pelaut online. Hasil penelitian yang diperoleh berupa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap 14 unsur pelayanan sebesar 3,039, dengan nilai konversi Indeks Kepuasan Masyrakat sebesar 75,97. Nilai ini termasuk dalam kategori ‘B’ yang menunjukkan kinerja unit pelayanan penerbitan buku pelaut online berada pada kualitas baik. Namun masih ada 2  unsur yang mendapat kategori ‘C’ yang menunjukkan kinerja unit pelayanan pada unsur tersebut berada pada kualitas kurang baik, yaitu indikator prosedur pelayanan dan indikator kejelasan petugas pelayanan dengan nilai masing-masing 2,33 dan 2,30 yang terkonversi menjadi 58,25 dan 60,00. Hasil tersebut menunjukkan masih adanya indikator yang kurang memuaskan dan berbanding lurus dengan tingkat kepuasan pelaut.

Published
2019-09-01