Upaya Meningkatkan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal Guna Menambah Jumlah Kunjungan Kapal Pada PT Pertamina TBBM Cabang Pontianak

  • April Gunawan Malau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Desamen Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Igriva Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
Keywords: Jasa Keagenan, Kualitas, Kuantitas SDM, Pelayanan

Abstract

PT Pertamina TBBM cabang Pontianak merupakan cabang dari perusahaan PT Pertamina Jakarta yang bertugas mengageni kapal milik maupun kapal charter yang masuk ke dalam area perairan Pontianak. Dalam menjalankan tugas tersebut terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan kegiatan kagenan yaitu kurangnya jumlah dan kurangnya kualitas karyawan perusahaan serta sarana yang kurang memadai. Perusahaan memiliki karyawan yang kualifikasi tidak sesuai persyaratan dari PT Pertamina Jakarta menyebabkan karyawan kurang ahli dalam bidang pekerjaan dan bekerja berdasarkan kebiasaan sehari hari, dan jumlah karyawan yang kurang memadai menyebabkan karyawan bekerja ganda dari tupoksi serta sarana yang dimiliki perusahaan kurang memadai menyebabkan agen harus bergantian menggunakan fasilitas tersebut. Hal ini yang menyebabkan pengurusan dokumen dan pelaporan kegiatan kantor menjadi terlambat karena agen membutuhkan transportasi untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain serta dengan diberlakukannya inaportnet di pelabuhan Pontianak membuat para agen wajib memiliki fasilitas seperti laptop, scanner dan internet yang berguna untuk menginput data kedatangan dan keberangkatan kapal. Solusi untuk meningkatkan pelayanan keagenan yaitu menambah jumlah karyawan sesuai kualifikasi yang dipersyaratkan,mengadakan pelatihan dan pendidikan tentang keagenan serta menambah sarana untuk mempermudah kegiatan operasional perusahaan.

Published
2019-09-01