Analisa Penurunan Daya yang Dihasilkan Mesin Bantu Guna Meningkatkan Operasional Kapal di MT. Dewi Maeswara

  • Mohamad Ridwan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Diah Zakiah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Ardiansyah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Keywords: penurunan, daya, mesin bantu

Abstract

Mesin bantu memiliki peran yang sangat besar dalam pengoperasian kapal. Masalah yang sering muncul pada mesin bantu adalah tidak tepatnya waktu pengabutan bahan bakar oleh fuel injection pump dan goresan pada jarum tekan injector (plunger). Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab tidak tepatnya waktu pengabutan bahan bakar ke dalam  ruang bakar mesin bantu dan menemukan penyebab terjadinya goresan pada jarum tekan injector (plunger). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terlambatnya waktu pengabutan bahan bakar pada diesel generator nomor 2 disebabkan karena rendahnya suhu gas buang pada silinder nomor 1 dan 2. Hasil pengambilan tekanan Pmax menunjukkan tekanan yang tidak mencapai titik maksimal pada silinder nomor 1 dan 2 atau Pmax nya terlalu rendah. Permasalahan pada fuel injektor (goresan pada jarum tekan atau plunger) disebabkan karena perbedaan temperatur gas buang yang sangat signifikan pada diesel generator nomor 2, termometer pada gas buang silinder nomor 4 dan 5 menunjukan angka diatas rata-rata sedangkan pada silinder lainnya yaitu nomor 1, 2, 3 dan 6 temperatur terlihat normal yaitu berkisar antara 3500C – 3700C

Author Biographies

Mohamad Ridwan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Teknika

Diah Zakiah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Teknika

Ardiansyah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Teknika

Published
2020-10-27