Analisa Penyebab Berkurangnya Produksi Steam pada Ketel Uap Guna Meningkatkan Operasional Turbin Cargo Oil Pump di Atas Kapal MT. Gede
Abstract
Ketersediaan kapal laut saat ini makin sangat dibutuhkan, terutama yang berkapasitas besar. Pada kapal laut, ketel uap (auxiliary boiler) digunakan sebagai instalasi bantu, untuk menggerakkan pompa muatan di atas kapal (turbin cargo oil pump). Penelitian ini mengkaji tentang penyebab katub pengatur bahan bakar (katub solenoid) tidak berfungsi dengan baik dan penyebab berkurangnya distribusi udara pada blower. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab bunyi ledakan pada nyala awal auxiliary boiler, mengetahui penyebab bekurangnya produksi steam pada auxiliary boiler dan mengetahui penyebab berkurangnya distribusi udara oleh blower. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa katup solenoid tidak berfungsi dengan baik disebabkan karena kondisi dari pengaturan aliran bahan bakar (katup solenoid) tersebut telah melewati jam kerjanya dan kebocoran “o” ring seal pada pengaturan. Kemudian tidak imbangnya konsentrasi pembakaran karena kurangnya distribusi udara pada saat pembakaran, sehingga konsentrasi bahan bakar lebih banyak dari pada konsentrasi udara pada saat pembakaran.