TELAAH ATAS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BILINGUAL DI SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN

  • Tristanti Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Keywords: Bilingual, Bahasa Asing, Metode Pembelajaran, Pendidikan Pelayaran

Abstract

Lembaga Pendidikan Pelayaran perlu dukungan dan dorongan untuk pengembangan program bilingual bagi taruna ataupun pelaut pada umumnya di masa yang akan datang. Selama ini Bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing di Indonesia masih dianggap sebagai sebuah hambatan bagi komunikasi pelaut di atas kapal, terutama di atas kapal-kapal milik perusahaan asing. Desain penelitian yang digunakan dalam studi ini termasuk metode campuran: survei kuantitatif yang dilakukan pada taruna Nautika semester akhir, pengamatan Lapangan  dan wawancara pada dosen dan taruna. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi taruna dan dosen tentang pembelajaran dalam Bahasa Inggris dalam kaitannya dengan topik pengajaran bilingual atau bilingual dalam kelas. Sebagian mata kuliah di Prodi Nautika sudah diajarkan dalam Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia atau secara bilingual. Sebagian pengajar memiliki kemampuan mengajar dengan bilingual dan mampu mengembangkan metode penyampaian yang baik sehingga target pemahaman substansi materi pembelajaran dapat terpenuhi.

Author Biography

Tristanti, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan

Published
2020-10-27