Optimalisasi Pengoperasian Pompa Bahan Bakar Bertekanan Tinggi Terhadap Kelancaran Operasional Motor Bantu di MT. Soechi Anindya

  • Buswan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Imam Fachruddin Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Genda Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Keywords: pompa bahan bakar, motor bantu, optimalisasi

Abstract

Untuk menunjang operasional kapal diperlukan motor bantu berupa generator untuk menghasilkan listrik sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan penunjang operasi mesin induk. Masalah yang sering muncul adalah kerusakan pompa bahan bakar bertekanan tinggi pada motor bantu dan ketersediaan suku cadang pompa bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kerusakan pompa bahan bakar bertekanan tinggi pada motor bantu dan mengetahui bagaimana mengoptimalkan ketersediaan suku cadang. Metode Pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Terjadinya kerusakan pompa bahan bakar bertekanan tinggi diakibatkan oleh kurangnya perawatan. Kerusakan pompa bahan bakar bertekanan tinggi mengakibatkan turunnya kinerja dari pompa tersebut, sehingga terjadi penurunan tekanan bahan bakar yang masuk kedalam silinder yang menyebabkan tidak optimalnya kinerja dari motor bantu. Kurangnya ketersediaan suku cadang di atas kapal diakibatkan oleh keterlambatan pengiriman suku cadang dari perusahaan kepada kapal, dan kurangnya koordinasi dari pihak kapal dan perusahaan pemilik kapal

Author Biographies

Buswan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Teknika

Imam Fachruddin, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Teknika

Genda, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Jurusan Teknika

Published
2020-12-29