Peranan Alat Navigasi Elektronik Berdampak Pada Keselamatan Pelayaran Diatas Kapal

  • Rudiana Rudiana Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Kapal niaga merupakan salah satu sarana moda transportasi laut yang sangat besar peranannya dalam menjaga stabilitas perekonomian dunia. Salah satu faktor untuk menjaga kelancaran, keselamatan dan keamanan operasi moda transportasi yaitu keselamatan dalam bernavigasi. Seiring dengan kemajuan teknologi komputer dan sistem informasi di bidang pelayaran telah menghadirkan Electronic Chart Display and Information System (ECDIS) sebagai cara baru dalam bernavigasi di laut yang dapat membantu meningkatkan keselamatan dalam bernavigasi, sehingga para Navigator melakukan pengawasan bernavigasi yang lebih cermat, efektif dan tepat,yang awalmya mengunakan peta laut yang menggunakan kertas peta sekarang beralih kepada system tehnologi,menggunakan electronic chart display and information system(ECDIS).

ECDIS harus selalu dalam keadaan up to date, sehingga dapat menyediakan informasi yang mampu membantu pengawasan navigasi ataupun dapat memberikan peringatan kepada Mualim jaga jika kapal akan memasuki daerah yang tidak boleh dilayari. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan para navigator yang memadai tentang alat navigasi yang akan dipakai nantinya, agar pencapaian faktor keselamatan saat bernavigasi dapat lebih optimal.

Kenyataan yang terjadi di lapangan, masih ada permasalahan dimana kapal yang telah dilengkapi dengan ECDIA tapi masih  tinggi tingkat kecelakaan kapal disebabkan alat yang dipakai masih belum familier sehingga perlu penguasaan alat baru dengan baik dalam mengoperasikan ECDIS,untuk itu perlu pembelakan bagi navigator baik itu dari maker maupun perusahaan pelayaran terhadap para navigator yang menggunakan alat ini atau ECDIS.

Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat sejauh mana hubungan penggunaan alat navigasi terutama ECDIS digunakan diatas kapal, peneliti ingin mendapatkan bagaimana femilisasi bisa dilaksanakan diatas kapal dengan waktu terbatas, tapi pengenalan alat kepada navigator yang baru naik diatas kapal, bisa dilaksanakan.

Author Biography

Rudiana Rudiana, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Nautical Department

Published
2021-12-16
Section
Articles