Analisis Implementasi Pemeliharaan Dan Perawatan Alat Lashing Di Kapal Mv Port Adelaide Dalam Rangka Mencegah Kecelakaan

  • Eka Budi Tjahjono Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Bhima Siswo Putro Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Joshua Kristianto Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Abstract

Metode pelashingan merupakan metode yang sangat penting untuk mengikat peti kemas di atas kapal agar tidak terjadi pergeseran peti kemas yang daapat menimbulkan peti kemas terjatuh di laut bahkan lebih dari itu bisa menimbulkan gangguan stabilitas kapal dan dapat menimbulkan kecelakaan pelayaran. Metode lashing dapat dilaksanakan dengan baik bila dilakukan pemeliharaan dan perawatan terhadap lashing serta penempatannya yang mudah untuk digunakan secara efektif dalam pelashingan.

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang terjadi di kapal. MV Port Adelaide yang diamati dalam pelayaran, Penelitian ini untuk mengetahui pemeliharaan dan perawatan lashing yang belum dilakukan secara baik dan dalam pengimplementasian perawatan dan pemeliharaannya oleh awak kapal yang paling bertanggung jawab. Teknis analisis yang digunakan adalah menggunakan diskriptif analisis dengan menggunakan  data primer dari awak kapal yang mempunyai fungsi kunci dalsm menyampaikan inormasi dengan mengunakan teknik purpusive sampling. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pemeliharaan dan perawatan lashing belum di implemetasikan dengan baik sehingga menghambat pengoperasian kapal. Awak kapal yang paling bertanggung jawab dalam tugas pelasingan tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Author Biographies

Eka Budi Tjahjono, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Port and Shipping Management

Bhima Siswo Putro, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Nautical Department

Joshua Kristianto, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Nautical Department

Published
2021-12-16
Section
Articles