Analisa Pengisian Hisapan Udara Saat Terjadinya Penurunan Tekanan Kompresi Pada Compressor Piston Vertical Two Stage Dalam Kegiatan Praktek Taruna STIP Di Laboratorium Permesinan Bantu

  • Effendi Effendi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • M. Hasan Habli Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Pande I.S. Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya indikasi telah terjadi penurunan kinerja pada kompresor yaitu bertambah lamanya waktu yang digunakan kompresor untuk mengisi storage tube. Upaya dalam mengatasi penurunan tekanan kompresi pada kompresor udara antara lain dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang benar dan teratur sesuai

dengan maintenance book.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab penurunan kinerja katup hisap dan katup tekan pada kompressor udara dan faktor penyebab kebocoran pada sistem pemampatan kompresi dari kompressor udara. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode studi pustaka dan studi laboratorium.

Pembahasan penelitian ini melakukan percobaan pada mesin kompresor dan perhitungan untuk mengetahui turunan kinerja dari sisi pengisian udara. Hasil dari pembahasan penelitian ini kompresor yang di pergunakan dalam air presure system Laboratorium Permesinan Bantu mengalami penurunan kinerja.

Kesimpulan yang di dapat pada penelitian ini dari kondisi tersebut pengisian tabung penyimpanan udara bertambah 13 menit dari waktu yang seharusnya.

Author Biographies

Effendi Effendi, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

M. Hasan Habli, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

Pande I.S. Siregar, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Program Studi Teknika

Published
2022-08-05
Section
Articles