Pengaruh Waiting Time dan Berth Occupancy Ratio Terhadap Integrated Port Time di PT Pertamina Trans Kontinental Cabang Plaju

Pengaruh Waiting Time dan Berth Occupancy Ratio Terhadap Integrated Port Time di PT Pertamina Trans Kontinental Cabang Plaju

  • M RIZKI FADIANSYAH Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • PURNOMO PURNOMO Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • EVI KUSUMAWATI Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan terhadap kinerja Terminal Khusus (Tersus) milik PT Pertamina Trans Kontinental Cabang Plaju berdasarkan standar kinerja dari Kementerian Perhubungan serta menganalisis pengaruh waiting time dan berth occupancy ratio terhadap integrated port time. Analisis kinerja dilakukan dengan menghitung waiting time, berth occupancy ratio dan integrated port time pada bulan Januari 2019 sampai dengan Desember 2021. Hasil analisis menunjukkan bahwa waiting time dan berth occupancy ratio pada bulan Oktober 2019 mengalami kenaikan tertinggi sebesar 5.247,13 jam dan nilai BOR lebih besar dari nilai yang disarankan UNCTAD sebesar 88,73%. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh waiting time dan berth occupancy ratio terhadap integrated port time di PT Pertamina Trans Kontinental Cabang Plaju

Author Biographies

M RIZKI FADIANSYAH, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

PRODI KALK

PURNOMO PURNOMO, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

PRODI KALK

EVI KUSUMAWATI, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

PRODI KALK

Published
2022-12-27
Section
Articles