Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Awak Kapal Terhadap Promosi Jabatan Di PT. MCS Internasional

Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Awak Kapal Terhadap Promosi Jabatan Di PT. MCS Internasional

  • Citra Afaf Durratun Nashihah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Marihot Simanjuntak Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran
  • Sari Kusumaningrum Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Abstract

Promosi jabatan bertujuan untuk meregenerasi sumber daya manusia dalam organisasi diperusahaan, penilaian prestasi awak kapal merupakan tolak ukur utama dalam pengembangan sumber daya manusia, dalam mengefektifkan sistem promosi jabatan di PT. MCS Internasional, masih terjadi beberapa masalah pada perusahaan terkait dengan penilaian prestasi kerja. Masalah tersebut yaitu adanya ketidaksesuaian penilaian prestasi kerja yang dimiliki awak kapal dengan penempatan jabatan barunya, sehingga sistem promosi jabatan tidak efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan analisis untuk mengetahui apakah ada pengaruh penilaian prestasi kerja awak kapal terhadap promosi jabatan di PT. MCS Internasional.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan langsung ke 30 responden dengan random sampling kepada awak kapal PT. MCS Internasional yang berada di darat dengan jumlah pernyataan sebanyak 28 butir. Dalam mencari hasil perhitungan penulis menggunakan program SPSS 21 dan melakukan beberapa analisis data, yaitu: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t hitung dan f hitung dan analisis regresi sederhana. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh dari jawaban responden yang ada.

Berdasarkan perolehan data kuesioner dan pengolahan data. Diperolah hasil yang menunjukkan bahwa penilaian prestasi kerja awak kapal terbukti positif dan signifikan terhadap promosi jabatan dengan nilai T hitung > T tabel atau 12,027 > 2,0484. Penulis memaparkan beberapa solusi untuk meningkatkan penilaian prestasi kerja, yaitu: meningkatkan 3 aspek yang berada di appraisal record dengan pelatihan dan dilakukannya seleksi sebelum di promosikan

Author Biographies

Citra Afaf Durratun Nashihah, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Marihot Simanjuntak, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi Nautika

Sari Kusumaningrum, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran

Prodi KALK

Published
2022-12-28
Section
Articles