Optimalisasi Mekanisme Penerbitan Dokumen Bill Of Lading Berbasis Web Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. Container Maritime Activities (CMA) Jakarta
Abstract
Peti kemas dominan dipakai dalam sistem pengiriman ekspor dan impor di seluruh dunia yang disertai dengan dokumen-dokumen penting sebagai alat pembuktian realisasi suatu transaksi. PT Container Maritime Activities mempunyai target dalam penerbitan dokumen Bill Of Lading, akan tetapi pada kenyataannya dokumen Bill Of Lading masih banyak yang tidak teralisasi. Dalam penelitian ini peneliti mengambil masalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yaitu metode yang berkaitan dengan penyajian data (mean, median, modus). Dari hasil penelitian terdapat dua indikator kompetensi karyawan yang dinyatakan lemah, dan itu menjadi masalah bahwa penerbitan dokumen Bill Of Lading tidak terealisasi. Untuk menjadikan penerbitan dokumen Bill Of Lading optimal sesuai dengan target pencapaian, masing-masing indikator kompetensi karyawan harus dinyatakan kuat.