Kajian Persepsi Taruna STIP Jakarta Terhadap Kualitas Pelayanan Pelabuhan Dalam Mensukseskan Persiapan Angkutan Mudik Lebaran Tahun 2018

  • Titis Ari Wibowo
  • Imam Fahcruddin
  • Pande I. Siregar
Keywords: Angkutan Lebaran, Transportasi Laut, Pelabuhan

Abstract

Lonjakan penumpang angkutan laut sangat meningkat pada saat mudik lebaran. Peningkatan kualitas pelayanan
pelabuhan tentu menjadi factor penting dalam mensukseskan persiapan mudik lebaran tahun 2018. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna jasa kapal penumpang terhadap kualitas pelayanan pelabuhan dan
memberikan usulan perbaikan pelayanannya berdasarkan hasil pengukuran menggunakan metode Servis Quality
(Servqual). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tingkat kesesuaian pada masing-masing item kurang dari 100%
dan gap yang terjadi juga semuanya negatif. Artinya pihak pengguna jasa belum merasa puas dengan pelayanan
yang diberikan pihak pelabuhan. Hal ini disebabkan karena yang diharapkan oleh pengguna jasa melebihi kinerja
yang diberikan pihak pelabuhan. Lebih lanjut, perbaikan yang perlu diperhatikan meliputi item 2, 3, 6, 12 dan 15.
Kemudian item yang perlu dipertahankan ada pada item 7, 13 dan 17. Yang terakhir, item yang dirasa berlebihan
ada pada item 4, 5, 9, 10, 11, 16 dan 18.

Published
2018-06-01
Section
Articles